Friday, March 31, 2017

Ciri Ciri Umum Ayam Cemani Asli Berkwalitas

Ciri Ciri Umum Ayam Cemani Asli Berkwalitas

Ayam cemani yang legendaris membuat sebagian kalangan ingin mengoleksinya. Namun karena terkadang banyak nya permintaan dan terbatasnya ayam munculah Ayam Cemani abal-abal atau tidak asli. Sepengetahuan kami sebagai perternak dan bergaul dengan peternak lain akan cukup mudah untuk mendeteksinya.

Bagaimana cara mudah untuk mengetahui keaslian Ayam Cemani?

Berikut ini akan kami sampaikan cara mengetahui ayam cemani asli dengan mudah:

• Paruh

Paruh Ayam Cemani berwarna hitam. Warna hitam ini akan nampak dari Ayam Cemani yang masih kecil. Namun seiring berjalanya waktu ujung paruh akan aus karena untuk mematuk makanan terus menerus dan terlihat warna putih karena aus. Biasanya muncul di ujungnya paruh.

• Bulu

Bulu ayam cemani berwarna hitam. Bila ayam cemani sebelumnya pernah di silangkan dengan ayam lain maka warna hitam dari bulunya tidak bisa mencapai 95%. Hal ini yang menjadikan kita mudah untuk mengetahuinya.

• Ketiak atau kulit

Mendekati angka 100 persen untuk warna ketiak maupun kulit ayam cemani berwarna hitam. Hampir secara keseluruhan ayam cemani semua kulit tubuhnya berwarna hitam.

• Dubur

Dubur ayam cemani berwarna hitam legam. Hal ini sangat berbeda dengan jenis ayam lain.

• Kaki

Bagi yang sudah terbiasa melihat ayam kampung mungkin sering melihat kaki ayam yang berwarna kuning atau kadang juga putih. Namun untuk ayam cemani memiliki kaki yang berwarna hitam. Namun hitam di sini bukan hitam legam karena seperti kita ketahui bersama bahwa kaki ayam bersisik sehingga kalau kering akan berwarna putih.

• Tenggorokan

Tenggorokan ayam cemani berwarna hitam walaupun lidahnya berwarna abu-abu atau malah terkadang putih.

• Jengger

Jengger ayam cemani mempunya warna hitam. Tapi memang saat ayam cemani beranjak semakin dewasa di jengger bagian bawah kadang terlihat warna merah.

Tujuh poin di atas cukup menjadi bahan untuk mengetahui ayam cemani tersebut asli atau tidak. Sedangkan bagi penghobi yang masih mencari ayam cemani lidah hitam, selama kami ternak ayam cemani kami belum pernah menemukan ayam cemani lidah hitam. Selain itu ada juga yang mencari ayam cemani dengan warna darah hitam. 

Hal ini hanya merupakan fenomena karena disaat para penghobi ayam cemani untuk ayam hias yang mempunyai keunikan bentuk dan warnanya. Mengenai darah ayam cemani berwarna merah tua sepanjang pengalaman yang umum diketahui oleh penghobi ayam cemani hias ..

Artikel Terkait

Buka Komentar
Adbox