Pemberian Makanan Yang Tepat Untuk Anak Kucing

8:39 PM
Pemberian Makanan Yang Tepat Untuk Anak Kucing

Anak kucing yang baru lahir sangat membutukan nutrisi yang mencukupi kebutuhannya. Nah makanan bagi anak kucing harus sesuai dengan umurnya salah peberian makan bisa menghambat pertumbuhan kucing. Nah mari kita mengenal bagaimana pemberian makanan yang tepat untuk anak kucing.

Makanan Untuk Anak Kucing kurang dari 4 bulan

Makanan Anak kucing yang baru lahir adalah ASI induk kucing, jangan memberikan makanan apapun kepada kucing yang belum berusia 4-5 minggu, karena kurang cocok dengan pencernaan mereka. Anak kucing mulai dapat diberi makanan pada usia sekitar 4-5 minggu. Makanan yang diberikan biasanya berupa bubur, makanan sebelum diberikan biasanya direndam air hangat terlebih dahulu secukupnya, lalu dihancurkan dan dihaluskan. Biasanya anak kucing umur 4-5 minggu belum mau makan, anak kucing masih perlu diajari terlebih dahulu, cara memberi makan bisa disuapi dengan pipet atau dengan mendekatkan ke hidung lalu dioleskan ke mulutnya, perkenalkan juga tempat makan kepada anak kucing agar kucing menjadi biasa. Jika anak kucing anda belum mau makan maka jangan dipaksakan yah biarkan anak kucing kita makan sendiri secara alami. Atau bisa dengan memberikan makanan kitten khusus bisa di cari di toko hewan terdekat.

Setelah umur 1 bulanan anak kucing biasanya sudah mau makan dengan makanan yang lunak, jika indukan kucing itu bagus biasanya indukan suka membawa makanan kepada akan kucing, atau seperti menuntun ke tempat makan.

Ini adalah tahap pertumbuhan kitten kedua, kucing yang sudah aktif berlarian dan bermain perlu makanan tambahan yang keras, bisa juga memberikan makanan pokok kepada kucing. Susu dan air sediakan agar pertumbuhan kucing semakin bagus.

Makanan Terbaik Anak Kucing

Makanan anak kucing terbaik adalah makanan yang alami yang berasal dari induknya. Ya benar, Air susu induknya atau ASI kucing. Tidak beda dengan manusia, ASI kucing untuk kitten sama pentingnya, karena bisa membentuk kecerdasan dan daya tahan tubuh anak kucing. Pemberian ASI ekslusif juga perlu. Menurut saya pemberian makanan secara paksa kepada kitten kurang baik karena metabolisme tubuh belum bagus. Tunggu sampai indukan membawa makanan bagi kitten kita.

Jika begitu apa yang harus saya lakukan untuk menjaga anak kucing saya agar bisa sehat dan hidup sampai dewasa. Yap sebagai majikan kucing tentu kita tidak bisa tinggal diam saja memperhatikan kucing kita yang sedang lucu-lucunya tubuh. Yang perlu dilakukan adalah dengan memberikan nutrisi yang cukup pada indukan agar produksi ASI kucing menjadi melimpah dan tidak kering. Jika induk kucing sudah merasa kenyang dan terpenuhi kebutuhannya seperti makan dan minum, maka induk kucing tersebut akan rajin untuk menyusui anaknya. Jadi jika induk kucing menyusui anaknya yang baru lahir, sediakanlah makanan yang banyak untuk dia, karena si induk selalu merasa lapar.

Kucing Hamil dan Menyusui

Kucing menyusui erat kaitannya dengan kitten kita, karena pemberian makanan kitten kurang dari 3 minggu, jika produksi asi kurang maka perlu kita tambahkan nutrisi untuk indukannya. Pada saat hamil dan menyusui, induk kucing memerlukan makanan dengan kandungan protein tinggi berikan juga air minum dan susu pada kucing yang hamil. Pada saat hamil bisa diberikan makanan untuk kitten karena kandungan proteinnya lebih tinggi. Suplemen kalsium dapat diberikan pada induk yang menyusui anaknya.

Jumlah Makanan yang diberikan pada kucing yang hamil dan menyusui pun harus ditambah karena porsi makanannya juga untuk diberikan kepada anak kucing. Kucing dewasa dengan berat sekitar 5 kg memerlukan energy makanan sekitar 300 kalori. Perhatikan kandungan kalori pada kemasan makanan, tentukan jumlah makanan agar mencukupi kebutuhan kalori selama satu hari, kemudian bagi jumlah tersebut sesuai dengan frekuensi pemberian makan (2 atau 3 kali sehari). Sebagai patokan lain yang dapat digunakan, dihitung dari berat kucing. Biasanya setiap hari kucing makan sekitar 2 % dari berat badannya. Jadi bila berat kucing 5 kg, makanan yang diperlukan sekitar 2 % x 5 Kg yaitu sekitar 100 gr /hari.

Lalu apakah ada makanan lain untuk anak kucing yang baru lahir? Tidak, saya tidak menyarankan yah, kecuali induk tidak mengeluarkan ASI dan tidak mengurusi anaknya, bisa membeli susu formula kucing dan berikan kepada anak kucing dengan cara di spet.

Demikian informasi seputar  Pemberian Makanan Yang Tepat Untuk Anak Kucing semoga bermanfaat.


You Might Also Like

Latest
Previous Article
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Komentar

No comments