Tips Memandikan Kucing Angora Yang Benar

7:35 PM
Tips Memandikan Kucing Angora Yang Benar

Pecinta kucing tentu tidak hanya ingin menikmati keindahan bulu dan kelucuan kucingnya saja, tetapi juga tetap memelihara kesehatan dan kebersihan kucing, cara memandikan kucing tentu perlu diperhatikan bagi pemelihara. Sebagian orang biasa membawa kucingnya ke pet shop untuk dimandikan dan dibersihkan tetapi tentu itu mengeluarkan waktu dan uang yang banyak.

Untuk solusinya sobat bisa memandikan kucingnya sendiri dirumah. Dengan memanfaatkan barang-barang yang ada dirumah, kucing bisa tetap sehat dan bersih tanpa pergi ke pet shop. Begini cara memandikan kucing.

Cara Memandikan Kucing

Untuk memandikan kucng dirumah ada beberapa persiapan dan alat yang harus disediakan, diantaranya :

Alat-alat memandikan kucing Wajib :

Sediakan ember , Air hangat hangat kuku, Bedak (Bedak bayi, bedak Gatal, bedak kucing),Handuk, Cottonbuds

Optional :
Sikat, sisir kucing (sikat gigi bisa digunakan juga), Shampo Kucing (kadang-kadang saya pake shampo manusia, Blower,Baby oil, Pemotong kuku

Cara  memandikan kucing berikut langkah langkahnya :

1. Bersihkan kotoran yang menempel pada kucing, disela-sela kaki atau pada badan kucing

2. Bersihkan telinga dengan menggunakan cottonbuds dan baby oil, bersihkan dengan perlahan yah, jangan terlalu dalam agar tidak melukai gendang telinga kucing. Biasanya dalam kondisi ini kucing akan merasa kegelian, jadi tahan kepalanya agar tidak banyak bergerak, jika kucing saya biasanya diam keenakan.

3. Potong kuku kucing, jangan potong keseluruhan, cukup pada bagian yang tajam saja sedikit, karena kucing juga memerlukan cakar untuk bermain dan memanjat. Jika kucing yang dimilikai adalah kucing kampung atau aga sedikit liar, saya sarankan tidak usah memotong kukunya, karena ini akam membuatnya kesulitan bermain. Cukup bersihkan saja jika terdapat kotoran hitam terutama di pangkal kuku.

4. Setelah pembersihan tanpa air selesai lalu lanjut dengan menyiapkan air hangat kuku, jangan terlalu panas yah nanti kucing berontak dan jangan terlalu dingin karena berbahaya bagi kucing.

5. Sebelum mulai di mandikan tutup telinga kucing saat dimandikan agar tidak kemasukan air saat dimandikan.

6. Masukkan kucing kedalam ember yang sudah diisi air hangat dengan perlahan agar kucing tidak kaget. Basahi sedikit-demi sedikit badan kucing sambil di usap-usap. Sampai basah kuyup.

7. Gunakan sikat untuk meratakan shampo di badan kucing, setelah itu usap dan pijat secara perlahan pada kucing sampai merata.

8. Gosok-gosok bagian luka pada kucing karena biasanya bekas luka pada kucing sering diserang kutu dan jamur, biasanya di dekat telinga dan disela sela kaki. Gosok secara perlahan sela-sela kaki kucing pastikan bersih pada bagian ini.

9. Setelah itu bilas dengan sempurna, jangan sampai ada shampo yang tersisa karena akan termakan saat kucing menjilati badannya dan bisa menjadi racun bagi kucing.

10. Keringkan Kucing dengan sempurna, jangan sampai lembab. kondisi yang lembab akan mengakibatkan banyak bakteri tumbuh dan berkembang. Bisa menggunakan handuk atau blower/hair dryer. Tetapi beberapa kucing ada juga yang takut dengan suara hair dryer jadi biarkanlah dia membersihkan dirinya sendiri tempatkan di tempat yang kering, panas pagi lebih baik sambil kucing dijemur. Setelah kering berikan bedak pada kucing, berikan secara merata yah, dan ingat tunggu sampai benar-benar kering sempurna. Karena jika masih ada yang lembab akan mengakibatkan gumpalan dan bau tak sedap.

Yang Perlu di Perhatikan saat Memandikan Kucing di Rumah Sendiri

Nah diatas tadi adalah cara memandikan kucing dirumah sendiri, sebelum mulai memandikan kucing dirumah perlu perhaikan hal-hal berikut :

1. Jangan memandikan kucing saat kucing dalam keadaan sakit. Memandikankucing dalam keadaan sakit akan memperparah keadaannya. Cukupbersihkan dengan lap atau berikan bedak saja.

2.  Jangan mandikan kucing jika keadaan mendung. Jika mendungdikhawatirkan proses pengeringan tidak akan sempurna, bukannyamenjadikan kucing sehat malah dapat mengakibatkan kucing sakit. Bulu  yang lembab juga menjadi salah satu penyebab datangnya penyakit.

Demikian Tips Memandikan Kucing Angora Yang Benar, semoga bermanfaat…

You Might Also Like

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Komentar

No comments